PERAN PENTING KELOMPOK TANI DI MASYARAKAT PERDESAAN

dalam era globalisasi yang kian merambah ke daerah perdesaan, sudah banyak sebagian masyarakat lupa akan kepentingan pokok dalam kehidupan

Jumat, 18 Maret 2011

Kata Pengantar

. Jumat, 18 Maret 2011
Dalam upaya peningkatan produksi pertanian tahun 2010, pemerintah telah menyediakan berbagai fasilitas sarana produksi, antara lain subsidi pupuk untuk sektor pertanian. Tujuan pemberian subsidi adalah untuk meringankan beban petani dalam penyediaan dan penggunaan pupuk untuk kegiatan usahataninya sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan produksi komoditas pertanian guna mendukung ketahanan pangan nasional.

Pada tahun 2010, Pemerintah menyediakan subsidi pupuk, yang disalurkan PT Pupuk Sriwidjaja (Holding), meliputi pupuk Urea, SP-36, ZA, NPK dan pupuk Organik dengan alokasi dan Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk bersubsidi sebagaimana ditetapkandalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 50/Permentan/SR.130/11/2009 tentang Kebutuhan dan Harga Eceran Tertinggi (HET) Pupuk Bersubsidi untuk Sektor Pertanian Tahun Anggaran 2010.
Selanjutnya guna pengamanan ketersediaan pupuk bersubsidi, maka penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2010 dilaksanakan dengan pola tertutup, menggunakan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) yang disusun oleh kelompok tani.
Sehubungan dengan hal tersebut diharapkan dukungan dari seluruh instansi terkait terutama dari Pemerintah Daerah di provinsi dan kabupaten/kota serta stakeholder terkait dalam pengawalan penyaluran pupuk berbasis RDKK di masing-masing wilayah, sehingga pupuk bersubsidi dapat sampai ke petani secara tepat.

Pedoman pelaksanaan ini dimaksudkan sebagai acuan dalam pelaksanaan pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2010 sesuai dengan kebijakan dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang terkait.

Pamekasan, 17 Maret 2011
 
©Copyright 2011 kelompoktanisejahtera.blogspot.com | Theme by Article Directory | Template by Car Decals